Editors Picks

Sabtu, 19 Mei 2018

Amalan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan

image : abanaonline.com

Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam. Bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan dimana setiap perbuatan ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Namun demikian ada hal yang perlu diperhatikan sesuatu yang bisa dilakukan dan yang dilarang oleh Allah SWT dalam menjalankan puasa.
Banyak hal yang bisa dilakukan dan diperbuat ketika ingin mendapatkan pahala yang banyak ketika bulan yang penuh berkah ini datang. Dalam hadits juga telah dikatakan bahwa berpuasa adalah menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, kemudian menahan hawa dan nafsu dan tidak berhubungan intim. Maka, rugilah ketika datangnya bulan ini jika dilakukan hanya dengan sia-sia saja. Nabi besar Muhammad SAW telah mencontohkan kepada seluruh umatnya bagaimana hal yang sunah untuk dilakukan semasa hidupnya. Karena tentunya bahwa kita semua ini melakukan semua perbuatan adalah perbuatan yang pernah dilakukan oleh oleh Nabi Muhammad SAW dan menjauhi segala apa yang dibenci oleh Allah SWT.
Seperti dalam bulan Ramadhan ini Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan kepada umatnya apa saja amalan sunah yang dapat dilakukan pada bulan suci Ramadhan, salah satunya dalah membaca Al-Qur’an.Ketahuilah, bahawa Al-Qur’an pertama kali di turunkan pada bulan Ramadhan.
Tentunya tak heran jika Rasulullah SAW sering membaca Al-Qur’an pada bulan ini. Allah Ta’ala berfirman :“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185)
Di dalam hadits mengatakan bahwa siapa saja yang membaca satu huruf Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan, sungguh kebaikan itu akan datang dengan sendirinya.Jika datangnya bulan Ramadhan, kegiatan utama yang dilakukan selain berpuasa adalah membaca Al Qur’an. Kemudian membaca dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. InshaAllah dengan melakukan hal ini maka kita akan menjadi insan yang berkah. Membuat target juga untuk menghatam Al-Qur’an sesungguhnya amalan yang sungguh luar biasa pahalanya.
Keistimewaan lain lagi dalam membaca Al-Qur’an adalah ketika sesorang mendapatkan masalah ekonomi, hukum, keluarga, pendidikan, pasangan, ilmu pengetahuan, dan lain sebaginya. Maka muslim yang membaca Al-Quran akan menemukan khazanah islam yang sangat mendalam dan tentu akan semakin mendalami ilmu-ilmu Allah lainnya yang ada di alam semesta.
Kewajiban membaca Al-Qur’an bukan  hanya waktu tertentu saja. Tetapi Allah telah memerintahkan untuk membacanya setiap hari untuk dijadikan pedoman untuk kita semua. Apalagi ketika membacanya dibulan Ramadan tentunya memiliki keutamaan.
5 kehebatan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan :
  1. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda,
  2. Menjauh dari godaan setan,
  3. Lebih mengetahui apa saja yang terdapat dalam kandungan Al-Qur’an,
  4. Membuat hati tenang,
  5. Membangun pikiran positif,
Marilah kita selalu membaca dan mengamalkan Al-Qur’an dan tentunya berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan Ramadan ini.